Delapan Jurusan di ITB Sepi Peminat

MAGELANG, KOMPAS.com – Sebanyak delapan jurusan di Institut Teknologi Bandung (ITB) sepi peminat. Delapan jurusan tersebut adalah jurusan Astronomi, Metrologi, Oceanografi, Kehutanan, Rekayasa Pertanian, Irigasi, Kewirausahaan, dan Pengelolaan Sumber Daya Air.

Demikian dituturkan oleh Koordinator Alumni Peduli Pendidikan, Eddy Purnomo, Rabu (27/3/2013). Selama ini, di tiap jurusan, kursi yang tersedia di kelas selalu terisi separuhnya. Dengan kondisi tersebut, Eddy mengatakan, siapa saja yang mendaftar untuk jurusan-jurusan tersebut, berpeluang besar untuk diterima sebagai ITB.

“Sebenarnya pilihan jurusan tidaklah terlalu penting. Yang penting adalah diterima sebagai mahasiswa ITB terlebih dahulu,” ujarnya.

Sumber: Kompas

Related Post

Ini Sebab Ilmiah Kaus Kaki Sangat Bau

Ini Sebab Ilmiah Kaus Kaki Sangat Bau

VIVA.co.id – Peneliti telah menemukan rahasia di balik bau kaus kaki. Meskipun sudah dicuci dan dibersihkan,…

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Raih Gelar Doktor Dari Vrije Universiteit Belanda

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Raih Gelar Doktor Dari Vrije Universiteit Belanda Jember, 20…
PENTING! Aturan Baru Pencairan Tunjangan Profesi Guru

PENTING! Aturan Baru Pencairan Tunjangan Profesi Guru

JAKARTA –  Mendikbud Anies Bawswedan menerbitkan regulasi anyar tentang aturan teknis pencairan tunjangan profesi guru…
Keren! 7000 Guru Direkrut untuk Daerah Perbatasan

Keren! 7000 Guru Direkrut untuk Daerah Perbatasan

Sekolah. Foto: dok Jawa Pos JAKARTA–‎Tahun ini pemerintah merekrut 7.000 guru dalam program Guru Garis…

17 Comments on “Delapan Jurusan di ITB Sepi Peminat

  • maksudnya “Yang penting adalah diterima sebagai mahasiswa ITB terlebih dahulu” apa yah? 🙂

    Reply
    • karena kalau udah jadi mahasiswa sana, bisa pindah prodi, tapi dengan persyaratan spt IPK minimal (kurang tau, tapi prodi favorit biasanya 3,5), sudah merasakan TPB dan 1 tahun di prodi aslinya, tapi di ITB kalau ga lulus dalam 6 thn, bakal DO, jadi jarang banget mahasiswa maksain kayak gitu, 4 thn pas lulus itu udh luar biasa. ITB itu paling engga ngeJUAL almamater (maksudnya liat almamater doang bikin nyari kerjaan ga seret)

      Reply
      • kata siapa bisa pindah prodi kalau ipk >3,5 ? IPK 4 aja belum tentu bisa pindah prodi kok. hehe..

        sebenernya itu maksudnya 8 jurusan keminatan, dia mengatakan kalau sepi peminat karena yang ngajuin surat keminatan cuma dikit. gitu menurut opini saya.

        Reply
      • oooh begitu yah, siip deh terima kasih YHA dan Pertiwi. Tapi kayanya itu hanya untuk S1 saja yah, tidak berlaku untuk S2?

        Reply
  • maksudnya “Yang penting adalah diterima sebagai mahasiswa ITB terlebih dahulu” apa yah?

    Reply
  • memilih jurusan jauh lebih penting daripada sekedar masuk PT. Pertimbangkan jurusan dan peluang kerja, lebih baik memilih PTS Terakreditasi dengan jurusan yang sesuai minat dan peluang kerja atau usaha cukup baik, daripada asal masuk PT ternama.

    Reply
    • yanti herlanti perlu anda ketahui, memilih jurusan S1 di ITB itu (http://usm.itb.ac.id/pilprodi.htm) sangat berbeda dg memilih jurusan S1 di UI UGM ITS UB UPI Unpad Undip dll (yg langsung memilih jurusan/prodi pd seleksi SNMPTN SBMPTN SIMAK-UI dll). Jika calon mhs mau masuk ITB maka dia hrs bisa masuk (diterima) dulu ke Fakultas/Sekolah yg ada di ITB jalur SNMPTN (https://web.snmptn.ac.id/ptn/35) atau SBMPTN (http://www.sbmptn.or.id/utama.php?hmenu=17&hitem=1&dikirim=1), setelah 1 th (2 smt) pd Tingkat Pertama Bersama (TPB) kemudian dia hrs bersaing lagi dg sesama mhs ITB untuk memilih jurusan/prodi yg ada di Fakultas masing2. Sbg contoh, jika ada calon mhs dari awal berminat masuk ke jurusan Matematika, maka dia pd snmptn sbmptn hrs memilih Fakultas MIPA ITB, kemudian stlh 1 thn dia hrs bersaing dg sesama mhs TPB FMIPA untuk memilih Matematika sesuai dg prestasi dan minat mhs tsb. Kebetulan skrg ini jurusan Astronomi FMIPA ITB kurang diminati oleh mhs TPB FMIPA ITB (mungkin anggapan mhs ITB bhw Astronomi Ilmunya sngt rumit krn hrs mampu menguasai fenomena alam fisika kimia dan pemahaman matematika yg tinggi).

      Reply
  • Sama seperti tiga jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat serta satu jurusan di Fakultas Adab dan Humaniora di Kampus UIN Jakarta, Yaitu: Perbandingan Agama, Tafsir Hadits, Aqidah Filsafat, dan Sejarah Peradaban Islam. Mahasiswa/i yang daftar di salah satu jurusan tersebut bakal diterima bahkan gratis biaya kuliah s/d selesai karena di jurusan-jurusan tersebut sepi peminat dan kalau tidak diadakan beasiswa bakal ditutup jurusan-jurusan tersebut.

    Reply
  • jadi fakultas apa dong yang paling berpeluang??
    tolong info nya ya kaka 🙂 🙂

    Reply
  • assalamu alaikum…
    gue msh bingung nh,mw milih jurusan apa aja.padahal gue 1 stgh thn lagi llus sma.Banyak bgt yg gue minatin,,minta tolongnya ya kaka2 yg sdh brpengalaman,bagi2 infonya.Tntag jurusan yg sepi tp brkualitas baik di Indonesia….
    thanx,
    Wassalamu alaikum…

    Reply
  • Saya ingin jd dosen dijurusan2 trsebut…kbatulan klo dr lulusan s2 geografi sulit lowongam jg krna pminatnya sedikit..kapan ya jurusan2 trsebut banyak yg minat??

    Reply

Leave a Reply